Rq708WnnoX5u9KOSwH8lLGTtthI

Rangkaian dasar kontrol motor Listrik

Jumat, 28 September 2012

Apa itu rangkaian kontrol motor ? bagi kita yang bukan orang teknik (teknik kelistrikan) mungkin tidak mengetahui apa itu rangkaian kontrol motor dan apa kegunaannya. Pada postingan kali ini Sapa-k@mi akan sedikit membahas tentang Rangkaian dasar kontrol motor Listrik sebagai bahan materi bagi siswa-siswi teknik (khususnya Teknik Installasi Listrik).

So,  .  . . 
Rangkaian kontrol motor ini biasanya digunakan dalam dunia industri. Mungkin sebagian orang tau bahwa di Industri itu biasanya terdapat mesin-mesin yang kecil sampai mesin-mesin yang besar, biasanya digunakan untuk pembuatan / pengepakan sebuah product. Mesin-mesin yang terdapat di industri memiliki rangkaian-rangkaian kontrol motor yang sederhana hingga rangkaian kontrol yang kompleks dimana dalam strukturnya melibatkan komputerisasi dan perangkat-perangkat lainnya. Namun kita akan mulai dari rangkaian yang dasar dan sederhana.

Rangkaian dasar kontrol motor itu terdiri dari 2 bagian yaitu :

a. Rangkaian Utama
        Rangkaian utama terdiri dari susunan kontak-kontak / Kontaktor terhadap beban serta susunan komponen breaker sebagai pengaman dalam rangkaian.

b. Rangkaian Kontrol
        Rangkaian kontrol terdiri dari komponen-komponen seperti : tombol-tombol, sensor, yang disusun dan dirangkai sedemikian rupa berdasarkan skema kerja kontaktor yang diinginkan.

Pada gambar di atas yang berwarna merah adalah rangkaian utama dan yang berwarna biru adalah rangkaian kontrol. Dari kedua rangkaian ini disusun menjadi sebuah rangkaian yang menghasilkan sistem kerja yang terkontrol.

Tags : ,,,


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Visit | Sapa-k@mi
Copyright © 2011. Sapa-K@mi - All Rights Reserved
Template Created by sapa-k@mi
Proudly powered by Blogger